You Can If You Think You Can

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by DNA Community - - 0 komentar

SMANSA Singaraja merupakan suatu sekolah menengah atas  yang telah dibangun 60 tahun silam. Hal ini memacu tingkat kematangan pola pikir dan perkembangan SMANSA. Ini terlihat secara nyata dalam lingkungan masyarakat , di mana SMANSA tergolong ke dalam sekolah favorit yang menjadi incaran lulusan-lulusan SMP dari berbagai daerah. Tidak hanya berasal dari wilayah Bali, tetapi mencangkup ruang lingkup yang lebih luas tidak hanya Nasional bahkan Internasional. Pengalaman-pengalaman yang telah diraih dalam berbagai event mengakibatkan kemajuan yang signifikan. Dimana SMANSA Singaraja mulai mempersiapkan dirinya untuk menjadi sekolah tingkat internasional yang tunduk kepada sistem. Mendengar kata tunduk kepada sistem kalian pasti merasa ngeri dan berpikir bahwa itu kejam.
Sebenarnya tidaklah seburuk yang kita bayangkan. Karena inilah yang ingin didapatkan SMA Negeri 1 Singaraja yaitu sertifikat ISO. Kalian pasti bertanya-tanya apa itu ISO dan apa hubungannya dengan sistem? ISO merupakan kepanjangan dari Internasional Standard Organisation. Oleh karena sekolah sebagai lembaga pendidikan, membutuhkan proses pelaksanaan berbagai aktifitas yang syarat dengan penyelenggaraan fungsi manajemen. Maka sekolah memerlukan suatu Sistem Manajemen Mutu yang memenuhi kriteria atau persyaratan, terprogram dengan sasaran mutu.
Perlu perjuangan keras untuk mendapatkan sertifikat yang bergengsi ini. Tak cukup mengorbankan pikiran dan tenaga, namun waktu, kesabaran, dan material lainnya pun harus dikorbankan. Tidak hanya guru, dan para pegawai yang bekerja, namun para siswa juga ikut berpartisipasi membantu kelancaran dalam proses mendapatkan sertifikat yang bergengsi ini.
Kurang lebih 3 hari lamanya, sekolah kita di audit, dan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diserbu berbagai macam pertanyaan menyangkut kuantitas dan kualitas kerja mereka. Sementara guru ditanyai berbagai macam pertanyaan, tim audit yang lain menilai kebersihan lingkungan sekolah. Karena sudah tahu bahwa mereka akan menilai kebersihan lingkungan sekolah. Maka seluruh siswa SMA Negeri 1 Singaraja membersihkan kelas masing-masing sebersih-bersihnya tanpa ada satupun debu tersisa. Tak ketinggalan Tim ISO juga mengamati aktivitas siswa SMANSA. Dari tingkah laku, cara belajar, komunikasi antar guru, dll.
            Selama tiga hari berturut-turut para guru dan pegawai serta siswa didera rasa cemas dan grogi yang luar biasa. Kita tak pernah santai, selalu dalam keadaan tegang. Namun itu tak berlangsung lama. Setelah hari ketiga selesai kita semua sama-sama menghembuskan nafas kelegaan yang panjang, seakan-akan bebas dari peluru yang hampir saja mengenai kita. Kita mendapatkan kejutan bahwa kita perfect di mata tim audit sehingga kini ISO sudah berada digenggaman Smansa dan sertifikat ISO ini merupakan hadiah terindah untuk ulang tahun SMANSA yang ke-60.

Leave a Reply